gambar-kolam-19

Pemeliharaan kolam renang adalah sesuatu yang harus dilakukan sepanjang tahun, terlepas dari jenis kolam renang dan apakah sering digunakan atau tidak.

Seminggu 2x

Mempertahankan keseimbangan air yang tepat sangat penting. Tingkat pH adalah ukuran keasaman atau alkalinitas dan perlu diuji dua kali seminggu. Tingkat pH dalam air kolam harus sedikit basa, yaitu pH sekitar 7,2-7,6. Pada tingkat pH ini di mana klorin bekerja paling efektif. Hal ini dapat dikendalikan dengan menambahkan baik asam, seperti asam muriatic, atau alkali seperti baking soda. Penambahan asam alkali akan tergantung pada apakah air terlalu asam atau terlalu basa. Tingkat pH yang salah dapat menyebabkan kerusakan dari kolam dan peralatan kolam renang.
Sanitasi kolam renang sama dengan mensterilkan kolam renang, dimana bentuk bakteri dan alga dapat dihancurkan. Kolam renang yang tidak sering dibersihkan dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri. Bakteri dan bentuk ganggang dapat dihilangkan dengan menggunakan klorin. Bahkan bromin dapat digunakan untuk mensterilkan kolam renang. Tingkat klorin yang harus ditetapkan di kolam renang adalah 1,0-3,0 ppm. Klorin tersedia dalam tablet, bentuk butiran atau cairan. Karena tingkat klorin tidak tetap konstan, maka disarankan untuk klorinasi dengan konstan(tambahkan 3-4 kali jumlah klorin harian).
Daun, serangga, kotoran burung dan zat kotor lainnya harus dibersihkan dari permukaan kolam dengan menggunakan jaring. Dan juga ubin kolam renang harus dibersihkan.

Seminggu 1x

Untuk mengontrol kontaminan alga, kolam renang harus diberi algaecide seminggu sekali. Hal ini sebaiknya dilakukan pagi hari. Algaecide mampu menghancurkan ganggang tanpa merusak ubin kolam renang.
Partikel logam kecil seringkali ditemukan di permukaan air kolam. Hal ini dapat dihilangkan dengan menambahkan bahan kimia yang mampu menghilangkan partikel logam dari air.
Masalah air keruh yang mengganggu dapat diatasi dengan menambahkan clarifier ke air kolam.

Bulanan

Air terlalu rendah kalsium menjadi korosif. Inilah sebabnya mengapa memeriksa kalsium juga sangat penting.Tingkat alkalinitas yang tepat akan mencegah perubahan mendadak dalam tingkat pH air kolam. 80-120 ppm alkalinitas adalah standar wajib, yang dapat disesuaikan dengan penambahan baking soda.
Bagi orang-orang yang mempunyai kolam, membersihkan sendiri memang memakan waktu dan rumit. Namun, berbagai perusahaan pemeliharaan kolam renang telah banyak tersedia. Mereka melakukan semua tes, menghilangkan kotoran, dan juga membersihkan kolam renang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *